Selasa, 13 April 2010

MASALAH SOSIAL

Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya
Pengklasifikasian suatu persoalan sebagai masalah sosial digunakan penilaian sebagai pengukurannya:



Kenapa disebut masalah sosial?
Tergantung Time and Place, karena bersangkutan dengan hubungan antara manusia dan di dalam kerangka bagian-bagian kebudayaan yang normatif.
Jika manusia berkumpul membentuk community maka manusia akan membuat: aturan, norma, nilai, agama, dan lain-lain.
Merumuskan (ukuran) masalah sosial
Dengan membuat indeks-indeks:
Indeks Simplerates, yaitu angka laju gejala-gejala abnormal dalam masyarakat
Conposite Indices, yaitu gabungan indeks-indeks dari bermacam-macam aspek yang mempunyai kaitan satu sama lain social unrest (keresahan sosial)



Penyebab Masalah Sosial Diklasifikasikan dalam 4 (empat) kategoris :
Faktor ekonomis : kemiskinan, pengangguran
faktor biologis : penyakit
faktor psikologis : syaraf, bunuh diri
faktor kebudayaan : perceraian, kejahatan

Manifest Social Problem, yaitu masalah yang timbul akibat terjadinya kepincangan-kepincangan di masyarakat, terjadinya akibat tidak sesuainya antara norma-norma dan tindakan serta nilai yg ada dalam masyarakat, sebab masyarakat tidak menyukai tindakan-tindakan yang menyimpang.
Latent Social Problem, yaitu menyangkut hal-hal yang bertentangan / berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat akan tetapi tidak diakui demikian halnya.

Sumber : http://isbdku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar