Selasa, 13 April 2010

CINTA KASIH

Cinta adalah nilai spiritual pertama dan paling pokok, Cinta adalah tema paling populer dalam peradaban manusia modern yang mendambakan cinta. Mengapa Cinta?
Sebab Cintakasih adalah energi illahi. motivator semesta, dan alasan utama mengapa Tuhan mencipta manusia. Inilah kompetensi Ketiga dalam buku Laws of Spiritual. Cinta adalah tenaga pemersatu terkuat di dunia. Unifying force. Spiritual gravitation power. Cinta bisa menarik dan mempersatukan alam semesta.
Adapun beberapa penngertian dari cinta itu sendiri, yaitu:
1. Cinta itu KOMITMEN. Maksudnya yaitu cinta tak boleh main-main. Cinta perlu komitmen. Bukan main campak buang semacam. Perlu dirancang dan dilaksana sebaik mungkin.

2. Cinta itu Intuitive: NALURI. Maksudnya yaitu cinta itu sifatnya naluri. Seperti kata banyak orang, “cinta itu di hati”. Bercinta yang hangat bila kita dapat merasai apa yang dirasai oleh orang yang kita sayang. Jika tak ingin disakiti, kita jangan menyakitkan hati orang lain. Jika ingin disayang, kita akan memberi kasih sayang seluruhnya. Jika ada rasa bimbang, seringnya kita akan dapat merasa. Macam cinta ibu pada anak-anak. Sering mereka dapat rasa apa yang anak-anak mereka buat, yang baik atau tak baik untuk anak-anak, kan?

3. Cinta itu sebahagian nature: FITRAH. Maksudnya yaitu cinta itu fitrah. Bila Nabi Adam dicipta, baginda rasa kesunyian. Allah ciptakan Hawa sebagai peneman. Rasa ingin disayangi dan menyayangi tu fitrah manusia. Yang perempuan minat pada seorang lelaki. Ada lelaki jatuh cinta pada seorang wanita. Cinta itu benar dan suci.

4. Cinta sering terletak di puncak: TOP. Maksudnya yaitu bila ada rasa cinta, kita akan sama-sama bekerjasama, saling mengasihi. Itulah nilai yang mengikat kita semua untuk terus bersatu. Sekuat cinta Tuhan yang memberikan berbagai nikmat hidup, cinta itu di puncak kehidupan.

5. Cinta itu sifatnya ALTRUISTIC. Altruistik maknanya melebihkan orang lain dari diri sendiri. Dalam lughah disebut Al-itsar. Nah, disinilah arti dari pengorbanan. Bak kata Ustadz Hasrizal, makna hidup itu adalah saling memberi. Bila cinta, kita sanggup berkorban untuk yang kita cinta dan kasihi.

Bila ada niat untuk membahagiakan yang lain, maka kita akan usahakan yang terbaik untuk memenuhi kehidupannya dengan bahagia dan sempurna. Kata Abang Ed, bila kita tolong orang lain, maka Alloh akan membantu kita, menambah nikmat untuk kita.
Manusia dan cinta kasih
Ajaran yang mengutamakan kasih ini adalah Ajaran Spiritual. Agama yang kurang mengajarkan cinta akan menjadi agama yang keras, kejam dan tidak humanis.
Tahukah Anda bahwa dalam otak manusia secara alamiah ada hormon yang paling kuat, yaitu hormon Cinta?
Salah satu biang keladi cinta adalah hormon yang bernama Oxytocin . Oxytocin adalah protein, dibuat oleh bagian otak bernama hypotalamus dan juga oleh kelenjar kelamin, kemudian hormon ini dikeluarkan masuk aliran darah pada kondisi-kondisi tertentu.

Sumber : www.facebook.com (Grup Facebook, ISBD utk Matematika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar